Farmasi Dinkes Rejang Lebong

Betapa Sehat itu Berharga

Posted on: Januari 5, 2009

Kesehatan merupakan investasi harta yang sangat berharga dan tidak dapat dibayar dengan apapun, Siapa yang mau sakit? Tidak seorangpun… tulisan ini terinspirasi ketika sedang menunggu rekan kantor  yg sedang dirawat di RSU dimana sebelumnya tanpa sedikitpun tanda tanda sakit, tiba tiba saja mengalami pingsan dikantor serta mengalami penurunan tekanan darah, setelah di diagnosa oleh dokter ternyata mengalami keletihan fisik akibat beban kerja yang begitu menumpuk. Kejadian tersebut cukup menyadarkan saya bahwa ternyata nikmat sehat itu begitu berharga, betapa kadang nikmat yang satu ini sering lupa untuk disyukuri, pernahkah kita berpikir udara yang kita hirup dengan gratis, ternyata begitu mahal
Untuk membeli satu alat bantu nafas minimal dibutuhkan uang ratusan juta belum termasuk biaya pemeliharaan, obat-obatan, pengoperasiannya dan lainnya, belum termasuk komplikasi yang mungkin muncul dari alat itu. Contoh lain, bagaimana saudara-saudara kita yang menderita gagal ginjal harus cuci darah setiap 2 kali seminggu, yang sekali cuci darah membutuhkan biaya kurang lebih 750 ribu, berarti dalam satu bulan mereka harus mengeluarkan uang jutaan rupiah. Nikmat sehat begitu mahal, dan tidak akan pernah bisa dihitung secara matematis, Karenanya bagi kita yang masih bisa menghirup udara dengan bebas atau menikmati tubuh yang selalu segar bugar, jangan pernah lupa untuk bersyukur pada-Nya. Salah satu manifestasi rasa syukur kita juga dengan senantiasa menjaga nikmat sehat itu baik dengan pola hidup sehat maupun dengan berbagai cara lain yang bisa dilakukan. Penyesalan tidak akan pernah datang diawal, karenanya sebelum nikmat sehat ini hilang mari kita syukuri dan senantiasa berusaha untuk menjaganya.

7 Rahasia agar Tubuh tetap Bugar & Sehat

Berikut ini ada 7 tips rahasia yang bisa anda lakukan untuk tetap menjaga kebugarandan kesehatan  tubuh :

1. Bergeraklah

Poin pertama yang mesti Anda ingat dan lakukan adalah bergerak. Lakukan gerakan yang intens selama kurang lebih 30 menit dalam sehari. Gerakan seperti apa? Anda bisa melakukan gerakan apapun. Anda, misalnya, bisa berjalan kaki ketimbang naik lift atau eskalator. Doronglah tubuh Anda bergerak, semakin lancar darah beredar dan semakin lancar pula oksigen mengalir ke seluruh tubuh.

2. Konsumsi sayur dan buah-buahan segar

Poin kedua yang penting dalam fitness adalah gizi. Berikan gizi yang semestinya pada tubuh. Konsumsilah sayur-sayur dan buah-buahan segar setiap hari. Jika Anda mau, Anda bisa mengolah sayur dan buah-buahan dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya, Anda bisa membuat jus. Sayur dan buah-buahan yang segar tidak hanya mencegah cikal-bakal kanker, tetapi juga menyehatkan jantung dan memberikan nutrisi yang lebih pada tubuh dan otak.

3. Banyak minum air putih

Elemen paling mendasar ketiga yang ada di dalam fitness adalah air putih. Sebagian besar tubuh manusia mengandung air. Air adalah zat paling penting dalam proses metabolisme tubuh. Kekurangan air mengakibatkan dehidrasi. Karena itu, minumlah air putih sebanyak-banyaknya. Paling baik jika Anda minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Tinggalkan minuman bersoda. Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi membawa dampak yang buruk terhadap kesehatan paru-paru dan organ tubuh yang lain.

4. Konsumsi multivitamin

Sekarang tersedia banyak minuman multivitamin dalam bentuk tablet untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berbagai kandungan vitamin dan mineral bermanfaat untuk membangun tulang yang lebih kuat, memaksimalkan proses metabolisme tubuh, menaikkan tegangan �energi tubuh� dan memberi makan otot. Tapi Anda mesti juga hati-hati supaya tidak salah memilih multivitamin. Lebih baik Anda pilih atau tablet multivitamin sesuai dengan anjuran dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak dikehendaki (dampak atau pengaruh buruk terhadap tubuh karena terpengaruh bahan kimia dan lain-lain).

5. Istirahat yang cukup

Terlalu banyak berolahraga atau bergerak, tetapi tidak bisa beristirahat juga tidak banyak memberi efek yang berarti terhadap tubuh. Kerja dan atau gerak mesti bisa seimbang dengan waktu untuk berproses. Karena itu, Anda mesti bisa beristirahat. Cara yang paling baik adalah tidur selama 7-8 jam setiap hari. Jika ternyata pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda beristirahat selama itu, manfaatkan waktu secara maksimal. Anda, misalnya, bisa langsung tidur setelah lelah bekerja seharian. Jangan tergoda untuk bergadang. Ingat, Anda sudah bekerja keras selama seharian. Energi Anda sudah terkuras selama bekerja. Istirahat, dalam arti tidur, adalah saat menghimpun energi dan semangat baru.

6. Kebiasaan hidup

Jangan kira bahwa kebiasaan hidup tidak mempengaruhi kebugaran tubuh Anda. Pola hidup yang tidak sehat, antara lain, tidak makan dan beristirahat tepat waktu, tidak mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya serat, dan lain-lain secara langsung berpengaruh terhadap kesehatan dan stamina tubuh. Kebiasaan atau pola hidup berhubungan dengan cara kerja tubuh dan pikiran. Ingat, tubuh dan pikiran selalu mempunyai hubungan. Saling bergantung dan mempengaruhi. Karena itu, buatlah rencana hidup yang jelas. Apa yang akan Anda lakukan? Pilih dan rancang kebiasaan Anda sehari-hari yang Anda tahu bisa membuat hidup Anda menjadi lebih ringan dan tenang. Buatlah hidup Anda menjadi lebih hidup, baik untuk diri sendiri maupun untuk bersama.

 7. Hindari stres

Penyakit bakal dengan mudah menyerang Anda jika pertahanan tubuh Anda rusak atau kacau. Pertahanan tubuh rusak atau kacau tergantung pada kondisi fisik dan pikiran. Pikiran yang baik, positif, segar, dan selalu terbuka secara langsung mempengaruhi mekanisme kerja tubuh. Tapi jika Anda stres, saraf, dan otot akan bekerja jauh lebih cepat daripada biasanya. Anda akan terus “dipaksa” untuk memberikan energi yang berlebihan. Jangan biarkan segala keruwetan hidup menyedot seluruh energi Anda sampai kering. Tenang, santai dan hadapilah segala sesuatu dengan hati yang terbuka dan pikiran yang positif.

Dengan tubuh yang bugar dan sehat maka pikiran akan menjadi jernih dan aktifitas kehidupan sehari-hari pun akan lancar dan terasa ringan untuk dikerjakan. Selamat mencoba.(anc)

 

 Ardiyansah Sofyan, Apt

Seksi Farmasi Dinkes RL

1 Response to "Betapa Sehat itu Berharga"

kesehatan memang mahal. sayang banyak yg tidak menjaganya dgn baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ancha

pengunjung online

RSS Informasi Kesehatan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Info Seputar Obat

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Baca JUga

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Stats

  • 335,286 hits

Geo Clock

YM_KU

Geo Map

Geo Counter

Jadwal Sholat

Visitor

Januari 2009
S S R K J S M
« Nov   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Geo Weather

RSS Berita Terkini Detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

facebook

Profil Facebook Ancha Sofyan
%d blogger menyukai ini: